Inilah Jarak Tanam Selada Hidroponik Paling Ideal


Jarak tanam selada hidroponik hampir sama saja dengan tanaman lainnya. Yang harus diperhatikan pada sayuran selada justru masalah benihnya dulu. Artinya, Anda harus membeli benih selada terbaik agar hasil panen memuaskan. Barulah setelah itu melakukan persemaian pada benih, dan memikirkan jarak penanamannya.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan juga pada tanaman selada adalah pemberian nutrisinya. Hal ini disebabkan karena setiap jenis sayuran, termasuk sayuran selada, sangat memerlukan kepekatan nutrisi yang baik. Biasanya nutrisi selada hidroponik menggunakan nutrisi AB Mix.

Untuk memahami lebih detail pengaturan jarak tanam pada tanaman dan berapa jarak menanam selada paling ideal, silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

Apa itu pengaturan jarak tanam pada tanaman?

Adanya pengaturan jarak tanam sebenarnya bertujuan untuk memberikan ruang tumbuh pada setiap tanaman. Hal ini ditujukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Jarak tanam sangat mempengaruhi kepadatan dan juga efisiensi dalam penggunaan cahaya, juga mempengaruhi persaingan di antara tanaman, dan untuk mengantisipasi adanya unsur hara.

Secara fisiologis, jarak tanam menyangkut ruang dan tempat pada tanaman agar bisa berkembang. Maka bila jarak tanam terlalu sempit, otomatis setiap tanaman akan bersaing dalam memperoleh unsur air, sinar matahari, dan tempat berkembangnya.

Jarak tanam pun tidak hanya dipengaruhi oleh habitus tanaman dan juga luasnya pekarangan, namun dipengaruhi pula oleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi turunnya produktivitas tanaman. Sehingga, hasilnya, akan menimbulkan kerugian bagi petani.

Nah, jarak tanam yang paling ideal dan optimal dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya sifat klon yang ditanam, bentuk wilayah atau topografi, dan kerapatan tanaman yang dihendaki.

Pada lahan datar dan agak landai misalnya, ia biasanya menggunakan jarak tanam yang biasa dilakukan oleh para petani. Namun, bagi lahan yang agak miring harus digunakan sistem kontur. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi persaingan di antara tanaman satu dengan tanaman lainnya.

Lantas, berapa jarak tanam yang paling ideal bagi sayuran selada hidroponik?

Jarak tanam selada hidroponik

Perlu diketahui bahwa jarak tanam atau jarak lubang untuk menanam tanaman hidroponik sebenarnya tidak ada aturan bakunya. Justru yang menjadi patokan dalam menentukan jarak tanam ialah lebar dari fisik tanaman ketika ia sudah dewasa.

Misalnya bagi tanaman bayam, pertumbuhannya itu lebih ke atas atau tidak begitu menyamping. Dan lebar sayuran bayam ketika dirinya sudah agak dewasa hanya sekitar 10 sampai 15 cm. Maka, praktis, jarak tanamnya bisa ditentukan dengan jarak 15cm antar lubang.

Berbeda dengan tanaman selada hidroponik, pertumbuhannya justru ke samping atau melebar. Saat dewasa pun lebarnya bisa mencapai 20 hingga 25 cm. Maka, jelas bahwa jarak tanam selada ialah 20 hingga 25 cm untuk antar lubangnya. Ada juga yang mengatur jarak menanamnya sampai 30 x 30cm.

Itulah hitungan jarak tanam pada sayuran selada. Begitu pun dengan pengaturan jarak tanam pada jenis tanaman hidroponik lainnya, intinya hampir sama dengan aturan tersebut.

Apa manfaat pengaturan jarak tanam pada tanaman?

Manfaat pengaturan jarak tanam pada tanaman adalah untuk menurunkan tingkat persaingan suatu tanaman dengan tanaman lainnya. Bermanfaat juga untuk mendapatkan sinar matahari yang optimal. Sehingga, proses fotosintesis pada tanaman tidak terhambat oleh tanaman lain.

Selain itu, manfaat lain dari jarak tanam ialah untuk meningkatkan zona perakaran dan zona pertumbuhan sehingga tanaman tersebut menghasilkan produksi yang maksimal. Jarak tanam bermanfaat bagi para petani untuk mempermudah mengelola lahannya sehingga tidak terjadi kerugian yang besar.

Boleh dibilang, jarak tanam yang tidak tepat akan mengakibatkan turunnya hasil produksi pada suatu tanaman. Termasuk pada tanaman selada. Oleh sebab itu penting bagi Anda memahami jarak tanam selada hidroponik ini.

Jadi, kami ulangi lagi bahwa idealnya untuk jarak tanam pada sayuran selada hidroponik ialah 20 hingga 25 cm.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Article,Hidroponik,Selada