Cara Merawat Selada agar Tetap Segar

Cara merawat selada agar tetap segar

Perlu diketahui bahwa selada termasuk jenis sayuran yang mudah layu. Meskipun sudah disimpan atau dimasukkan ke dalam kulkas, tetap saja kesegarannya sering kali berkurang. Itu sebabnya, penting memahami informasi tentang cara merawat selada agar tetap segar.

Mengapa merawat selada penting dilakukan?

Dalam dunia pertanian, tanaman merupakan salah satu jenis organisme yang perlu dibudidayakan. Biasanya pembudidayaan dilakukan melalui berbagai metode. Entah itu melalui metode hidroponik maupun metode pada umumnya. Kedua metode itu, tidak lain ditujukan agar tanaman tersebut dapat dipanen di masa kematangan tiba.

Merawat tanaman selada sendiri yang hendak dibudidayakan, tentu akan memberikan keuntungan jika perawatannya benar-benar bagus. Sebaliknya, jika tanaman selada tidak dirawat dengan baik, boleh jadi sayuran ini tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Bentuk seladanya mungkin akan menjadi buruk, layu, dan bahkan bisa saja mati jika perawatannya tidak baik. Tanaman selada dengan tampilan seperti itu, tentu saja dapat merugikan pemeliharaan. Dan saat dikonsumsi pun, rasanya bakal kurang enak.

Jadi, layaknya makhluk hidup, tanaman selada pun harus dirawat dengan benar supaya tumbuh segar.

Cara merawat selada agar tetap segar

Berikut beberapa cara yang dapat kami rekomendasikan agar selada yang Anda pesan masih terjaga kesegarannya.

1. Rendam selada di dalam air dingin

Kegunaan air dingin dalam hal ini dapat membantu melindungi kesegaran selada. Mulanya, silakan sediakan dulu wadah, lalu isi wadah dengan air bersih, dan air yang digunakan minimal lebih dari 5 cm.
Setelah itu, taruh selada ke dalam wadah dengan catatan akarnya harus terendam. Ini ditujukan agar akar selada mampu menyerap air. Jangan lupa, buang daun-daun yang sekiranya sudah busuk, dan lakukan dua hari sekali untuk membuang airnya.

Ini adalah cara pertama yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang.

2. Bungkus selada menggunakan tisu

Membungkus selada dengan menggunakan tisu diduga mampu meminimalisir sisa-sisa air yang masih melekat.
Setelah itu, pindahkan sayuran selada ke dalam plastik yang transparan. Atau, boleh juga masukkan selada ke gulungan tisu, dan kemudian pindahkan ke dalam wadah yang tertutup.

Jangan hiraukan juga untuk menyimpan selada di dalam kulkas.

3. Tiriskan sayuran selada sampai kering

Perlu dicatat bahwa selada yang disimpan dalam kondisi basah, cenderung bakal cepat membusuk.
Itu sebabnya, usahakan dulu untuk meniriskan selada dengan cara mengibas-ngibaskannya. Hal ini perlu dilakukan agar air di permukaan daun menjadi berkurang.

4. Pakai suhu yang sangat sedang saat selada dimasukkan ke dalam kulkas

Tidak kalah penting dipahami bahwa ketika memasukkan selada ke dalam kulkas, coba gunakan suhu yang sedang-sedang saja.
Suhu yang terlalu rendah akan mengakibatkan sayuran selada menjadi berair sekaligus lembek. Sehingga, ia tidak segar kembali.

5. Menyegarkan selada menggunakan air es

Jika selada sudah kelihata layu, Anda dapat mengembalikan kesegarannya dengan cara merendamkan selada ke dalam air es selama beberapa menit. Ini dilakukan sebelum membuat salad.

Usai itu, silakan keluarkan selada dari air es tersebut, lalu keringkan, dan selada pun siap digunakan.

Alternatif lain untuk merawat selada agar tetap bugar

Tidak hanya dengan beberapa cara di atas saja, ada juga alternatif lain yang bisa Anda lakukan agar selada tetap fit. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama, silakan keluarkan selada dari pembungkus atau kemasannya. Kecuali, kalau misalnya ada keterangan pada kemasan selada bahwa, kemasan itu berguna untuk melindungi selada agar tidak busuk, maka jangan dikeluarkan.

Jika tidak ada keterangan yang tertera pada kemasannya, berarti selada perlu disegarkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Caranya, silakan isi wastafel atau mangkuk besar dengan air dingin. Air dingin dapat Anda ambil dari keran air.

Langkah kedua, pisahkan daun-daunya, lalu masukkan daun selada tersebut ke dalam wadah air dingin selama kurang lebih lima menit. Metode ini dianggap cukup efektif. Dan dapat membuat selada yang sudah melemas, kemudian segar kembali.

Langkah berikutnya, angkutkan daun satu persatu dengan mengibas-kibaskannya sambil meniriskan air di permukaan daun.

Terakhir, taruh daun dalam alat pengering selada. Alat ini dapat Anda peroleh di toko serba ada. Jika Anda menggunakn alat pengering selada, pastikan juga tidak memasukkan daun terlalu penuh, ada baiknya daun dibagi menjadi beberapa kelompok pengeringan. Dengan demikian, selada akan kembali bugar.

Kesimpulan

Seperti yang kami sampaikan pada paragraf awal bahwa sayuran selada terkadang gampang layu. Oleh sebab itu dengan mengikuti petunjuk atau memahami cara merawat selada agar tetap segar ini, sudah dipastikan selada bakal bugar kembali.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Article,Hidroponik,Selada