4 Syarat Tumbuh Sayuran Selada yang Perlu Diketahui Banyak Orang

Sayuran Selada

Mari sepakati bahwa tampilan daun selada dapat membuat selera makan meningkat. Hal inilah yang membikin tanaman selada kerap digunakan sebagai salah satu sayuran pelengkap untuk berbagai macam masakan, seperti pada burger, gado-gado, kebab, rujak cingur, dan lain-lain.

Selain itu, sayuran selada memiliki berbagai macam nutrisi penting bagi tubuh. Ia mengandung kalsium, zat besi, folat, dan serat. Dalam hal ini, tidak heran mengapa mengkonsumsi sayuran selada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi di balik keistimewaan tanaman ini, apakah Anda sudah tahu syarat tumbuh sayuran selada? Jika belum mengetahui tentang apa saja syarat tumbuh tanaman ini, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Mengapa harus ada syarat tumbuh saat menanam sayuran?

Sebelum ke inti pembahasan, mengupas terlebih dahulu pertanyaan di atas penting kami sampaikan. Bahwa alasan mengapa harus ada syarat tumbuh saat membudidayakan sayuran disebabkan karena setiap jenis sayuran memiliki karakter berbeda-beda.

Contohnya karakter sayuran daun, tentu berbeda dengan sayuran bunga maupun sayuran buah. Demikian juga dengan karakter sayuran selada, sudah pasti berbeda dengan karakter sayuran lainnya.

Mengenal karakter sayuran penting dilakukan sebelum Anda memulai penanaman. Hal paling mudah untuk memahami dan mengetahui karakter tersebut adalah melalui informasi atau keterangan yang tertera pada kemasan benihnya.

Entah itu melalui buku katalog benih yang diterbitkan oleh sang produsen benih maupun melalui informasi dari petugas toko pertanian. Atau, melalui petugas agronomis yang telah disediakan oleh produsen benih tersebut.

Karakter sayuran dari berbagai sumber informasi dapat dipercaya karena sudah melalui proses pengujian yang panjang. Dalam hal ini agar suatu sayuran dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter aslinya harus ditanam pada lahan yang mempunyai persyaratan tumbuh.

Persyaratan tumbuh meliputi ketinggian tempat penanaman, lalu sifat-sifat pada lahan penanaman, serta ketersediaan air, dan jangan lupakan juga pada kondisi lingkungan. Inilah alasan rinci mengapa harus ada syarat tumbuh bagi sayuran tertentu.

Syarat tumbuh sayuran selada

Lalu apa saja persayaratan tumbuh bagi sayuran selada? Berikut di antaranya:

1. Iklim

Wilayah paling cocok untuk menanam sayuran selada yaitu harus di wilayah dengan ketinggian 500-2.000 mdpl dan suhu mencapai 15 sampai 20 derajat celcius. Namun, selada dapat tumbuh juga di dataran rendah, khususnya untuk selada hidroponik.

Tanaman selada ini peka banget terhadap cuaca hujan, kelembapan tinggi, dan juga air yang menggenang. Oleh sebab itu, waktu tanam paling baik adalah pada musim kemarau sembari harus melakukan penyiraman yang cukup. 
Tanaman selada juga memerlukan sinar matahari yang cukup dan harus pada tempat terbuka. Iklim yang panas akan membuat akar selada menjadi kering dan layu.

2. Tanah

Sayuran selada dapat ditanam pada beragam macam jenis tanah. Namun, pertumbuhan selada yang paling bagus akan diperoleh jika ditanam pada tanah liat berpasir yang mengandung bahan organik, tanah gembur, serta tidak mudah tergenang air.

Selada dapat tumbuh dengan optimal pada tanah yang memiliki pH 6,0 sampai 6,8. Jika pH tanah terlalu rendah, maka perlu dilakukan pengapuran.

3. Intensitas cahaya

Faktor cahaya merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam pertumbuhan sayuran selada. Sebab, tanaman selada memerlukan cahaya matahari penuh.

Pada intinya, semakin banyak cahaya yang diterima oleh sayuran selada maka semakin mudah juga tanaman ini melakukan proses fotosintesis. Jadi, Anda jangan pernah menanam selada di tempat yang berbayang.

4. Ketinggian tempat

Ketinggian tempat paling ideal untuk menanam atau membudidayakan sayuran selada adalah pada wilayah yang berada di ketinggian 500 sampai 2000 meter di atas permukaan laut.

Akan tetapi seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya bahwa tanaman selada dapat tumbuh juga di daerah rendah. Asal, Anda harus menjaga kelembaban tanah agar tetap terjaga dengan baik.

Kesimpulan

Perlu dipahami bahwa tanaman selada mudah sekali beradaptasi selama media tanam yang digunakan terjaga terus kelembapannya. Jika Anda mempunyai lahan yang cukup, mungkin tidak ada salahnya untuk memulai mencoba menanam salah satu jenis sayuran selada.

Barangkali itu saja syarat tumbuh sayuran selada yang seharusnya dapat diketahui oleh banyak orang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Article,Hidroponik,Selada