4 Benih Selada Hidroponik Terbaik, Ulasan Lengkap

Ulasan benih selada hidroponik terbaik


Benih berperan penting untuk budidaya tanaman yang menerapkan metode hidroponik. Jika keliru dalam menentukan benih yang tepat, boleh jadi Anda akan mengalami kegagalan ketika masa panen tiba. Termasuk pada budidaya tanaman selada, Anda perlu membeli benih selada hidroponik terbaik dan juga berkualitas.

Tanaman selada yang Anda budidayakan bisa saja rusak dan mati akibat benih yang berkualitas buruk. Oleh sebab itu, membeli benih yang bagus sangat diperlukan guna keberhasilan Anda dalam pemeliharaan selada hidroponik.

Berikut ulasan lengkap mengenai tumbuhan selada hidropnik, serta empat merek benih selada yang dapat kami rekomendasikan.

Apa itu selada hidroponik?

Perlu diketahui bahwa menanam sayuran dengan metode hidroponik kini sedang tren. Metode hidroponik, boleh disebut sebagai budidaya menaman tumbuhan maupun sayuran dengan menggunakan teknik penanaman tanpa tanah.

Metode hidroponik biasanya lebih kepada memanfaatkan air sebagai sarana untuk menumbuhkan tanaman. Teknik ini utamanya cenderung menekankan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Dengan memakai metode hidroponik, maka air yang diperlukan lebih sedikit.

Lebih dari itu, penggunaan air terbilang efisien. Sehingga, ia cocok diimplementasikan bagi daerah yang mempunyai keterbatasan air.

Kalau dibandingkan dengan metode penanaman pada umumnya, metode hidroponik lebih mampu memberikan keunggulan, seperti pembudidayaan lebih mudah dan hasil panen cukup higienis. Sehingga, hasil sayuran yang dipanen lebih sehat, termasuk pada sayuran selada hidroponik.

Sayuran selada sendiri merupakan tanaman yang lebih banyak dibudidayakan di kawasan dataran tinggi. Sehingga ketika selada dibudidayakan pada dataran rendah, maka pemeliharaannya lebih baik memakai metode hidroponik.

Untuk mengantisipasi kegagalan pada pembudidayaan selada hidropnik, maka salah satunya Anda membutuhkan benih selada terbaik. Sebab, faktor pemilihan benih sangat krusial dalam membudidayakan selada hidroponik.

Berikut di bawah ini empat benih/bibit selada hidroponik yang bagus.

4 benih selada hidroponik terbaik

Dari hasil pengalaman produksi kami, ada empat rekomendasi benih selada yang paling berkualitas. Silahkan simak ulasannya.

1. Benih selada hidroponik Anizel

(Sumber: Tokopedia.com)

Benih selada yang satu ini tergolong baru. Ia baru saja dilaunchingkan oleh Bejo Speed, salah satu pabrikan benih selada yang sudah tersohor di Indonesia.

Dari tampilannya, benih selada Anizel berbentuk naked speed. Atau, dia tidak memiliki pil pelindung. Namun, bentuknya menjulang tinggi dan daunnya memanjang ke atas.

Menurut beberapa petani, benih selada Anizel hasilnya bakalan mirip dengan selada junction yang pernah dikeluarkan oleh RZ. Dan untuk tingkat sprout-nya dinilai lumayan bagus.

Tingkat kesuksesan dengan menggunakan benih ini ada di angka 80%. Ditambah lagi, benih ini tidak mudah bolting, sekaligus juga sudah diklaim sebagai benih terbaik jika ditanam di kawasan dataran rendah. 

Harga bibit selada hidroponik Anizel, ada di kisaran 45 ribu - 60 ribu per 1 gram. Dengan harga segitu, tentu saja boleh dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan selada keluaran Bejo Speed lainnya.

2. Benih selada hidroponik Caipira

(Sumber: Tokopedia.com)

Jenis benih selada ini terbilang populer. Ia kerap ditanam oleh sebagian farm hidroponik. Alasannya sederhana, menurut sebagian petani selada, benih selada Caipira ini memiliki tampilan yang lumayan menarik.

Sebut saja tampilannya berbentuk kebulatan, sekaligus teksturnya cukup crunchy. Dan yang paling penting adalah ketika Anda mengorder benih selada ini, maka jumlah benihnya terhitung banyak.

Untuk harga bibit selada ini dibandrol hingga 48 ribu - 60 ribu di beberapa marketplace. Harga segitu terbilang murah juga. Sebab, benih selada Caipira tingkat sprout-nya lumayan bagus.

3. Benih selada hidroponik Bohemia

(Sumber: Tokopedia.id)

Benih selada ini termasuk ke dalam kelas medium. Sama halnya dengan kedua benih di atas, benih selada Bohemia pun sering ditanam oleh petani selada.

Bentuk selada ini berbeda dengan selada bohemia lainnya. Ia sekilas bentuknya mirip dengan selada grand rapid. Ini terlihat dari warnanya yang hijau, serta daunnya yang agak tipis. Namun, benih dan bentukan selada ini tak serapuh selada Caipira.

Selada jenis ini biasanya sering dijadikan teman makan sushi maupun BBQ Korea. Sebab, ia tidak terlalu tebal dan lumayan elastis untuk digulung.

Harga bibit selada hidroponik Bohemia ada di kisaran 45 ribu - 60 ribu. Anda dapat membelinya di berbagai marketpalce, seperti Shopee maupun Tokopedia.

4. Benih selada hidroponik RZ (Rijk Zwaan)

(Sumber: Tokopedia.com)

Jika sebelumnya ada jenis premium, maka yang ini jenisnya elite. Berada di kisaran harga 300 ribu - 350 ribu per 1000 benih, jenis RZ memang tidak banyak digunakan karena harganya yang mahal.

Bentuk benih selada asal Belanda ini sendiri agak berbeda, karena berbentuk pills (biji yang dilapisi semacam gumpalan bubuk). 

Sejalan lurus dengan harga, selada dari benih RZ dapat beradaptasi lebih baik dengan bermacam jenis iklim, entah di musim hujan, atau dalam pencahayaan matahari yang sedikit. Selain itu, bobot dari selada ini cenderung cepat bertambah yaitu 250 - 300 gram hanya dalam 28 hari.


Kesimpulan

Dalam membudidayakan selada hidroponik, sekali lagi kami himbau bahwa, Anda perlu menentukan benih yang bagus. Sebab, benih menjadi faktor fundamental untuk mengembangbiakan tumbuhan selada hidroponik yang Anda tanam.

Barangkali itu saja artikel kami terkait benih selada hidroponik terbaik. Semoga artikel ini ada manfaatnya.
Next Post Previous Post
Article,Hidroponik,Selada