Manfaat Selada Hijau bagi Kesehatan serta Ide Resep Diet Rendah Kalori

manfaat selada hijau untuk kesehatan dan diet

Manfaat Selada Hijau - Selada hijau adalah sayuran yang kerap ditemui di dalam makanan berlabel rendah kalori. Sayuran ini tidak mengandung kolesterol serta memiliki nol lemak, sehingga cocok untuk menu program diet sehat. 

Daun selada hijau biasa menjadi bahan yang dibubuhkan ke dalam burger dan sandwich. Seringkali, sayuran ini juga dimasukkan ke dalam komposisi salad, sebagai bahan plating untuk mempercantik berbagai hidangan, atau dimakan langsung tanpa dimasak.

Selada hijau memang sudah mulai populer dibudidayakan di Indonesia akhir-akhir ini. Hal tersebut tidak lepas dari tingginya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia akan selada hijau. Tapi tahukah kamu bahwa sayuran ini sudah dibudidayakan sejak 2680 SM? Ya, manusia memang sudah memiliki sejarah yang panjang dengan sayuran ini.

Dalam artikel mengenai manfaat selada hijau ini, kita akan mengulas mengenai manfaat & kandungan nutrisi serta cara mengelola selada menjadi hidangan diet yang lezat.

Manfaat Selada Hijau Bagi Kesehatan Serta Ide Resep Diet Rendah Kalori

Selada hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya sebagai hidangan penurun berat badan yang rendah resiko. Meski selada bukan salah satu sayuran paling sehat di antara sayuran yang lain, selada hijau tetap jadi yang paling populer untuk dikonsumsi.

Ada banyak cara mengkonsumsi daun selada hijau, tetapi soal seberapa sehat sayuran ini? Masih banyak orang yang belum mengetahui.

Nutrisi yang Ditemukan dalam Selada Daun Hijau Serta Manfaatnya

Selain menyehatkan sebagai menu diet, selada hijau bisa menjadi alternatif bagi anak-anak yang tidak suka rasa pahitnya sayuran. Sebab, selada dibandingkan sayuran lain memiliki rasa yang terkesan manis.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Ocean, Howley, & Ensor (2019), ditemukan sebuah kesimpulan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti selada, dapat mendapatkan manfaat bukan hanya bagi kesehatan fisik, melainkan juga kesejahteraan mental. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi sayuran & buah-buahan sangat baik bagi otak.

Nah, mau tahu lebih banyak lagi apa manfaat selada hijau? Sebagai gambaran, berikut beberapa kandungan nutrisi dalam selada hijau per 100 g:

  • Natrium (28 mg)

Natrium berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit & cairan di dalam tubuh. Selain itu, natrium juga berperan menjaga tekanan darah, serta memperlancar fungsi otot & saraf.

  • Kalium (194 mg)

Sebagai salah satu elektrolit di dalam tubuh, kalium memiliki fungsi penting yaitu dalam mengatur cairan tubuh, menghantar sinyal listrik pada saraf, serta mengatur kontraksi otot.

  • Vitamin C (9,2 mg)

Sebagaimana yang umum diketahui, vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlancar proses pemulihan. Vitamin C memiliki antioksidan yang menghambat radikal bebas, sehingga berkhasiat bagi kesehatan kulit, memperlambat penuaan dini, serta mencegah stres oksidatif.

  • Vitamin B6 (0,1 mg)

Memiliki fungsi penting bagi perkembangan saraf khususnya di otak, vitamin B6 memiliki peran dalam produksi hormon serotonin, melatonin, & norepinefrin sehingga memberikan dampak yang baik bagi mood.

  • Zat Besi (0,9 mg)

Zat besi sangat cocok diberikan bagi penderita anemia. Sebab, zat besi memiliki peran penting dalam proses metabolisme darah di tubuh, serta perkembangan & pertumbuhan hormon juga jaringan ikat di otak.

  • Kalsium (36 mg)

Seperti yang sudah diketahui, kalsium memiliki peran dalam menjaga kesehatan gigi juga tulang; serta meningkatkan kinerja sel saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah.

  • Magnesium (13 mg)

Beberapa studi telah mengaitkan kekurangan magnesium dengan penyakit fisik seperti hipertensi, migrain, asma, epilepsi, osteoporosis, hingga jenis penyakit mental seperti depresi.

Magnesium sangat diperlukan oleh tubuh, terkhususnya dalam membangun tulang, memperbaiki fungsi saraf, serta kelancaran produksi energi dalam sel.

Ide Resep Selada Hijau Rendah Kalori 

Ada beberapa alasan mengapa selada hijau bagus dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Berikut alasannya:

  • Tidak Mengandung Kolesterol Atau Lemak: Seperti kebanyakan sayuran, daun selada hijau mengandung nol kolesterol serta rendah lemak.
  • Kandungan Air Tinggi: Kandungan air Selada hijau hampir sama dengan mentimun. Selada hijau memiliki 96 persen air, itu membuatnya sedikit lebih mengenyangkan daripada sayuran lainnya.
  • Mengatur Gula Darah: Selada hijau mengandung Lactucaxanthin yang merupakan karotenoid anti-diabetes, kandungan ini diketahui dapat mencegah lonjakan atau penurunan kadar gula darah. Oleh karena itu, sayur ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet diabetes.
  • Meningkatkan Kekebalan: Kehadiran vitamin C dalam selada hijau, menjadikannya baik sebagai penambah kekebalan tubuh. Apalagi untuk jenis selada hijau romaine, sayuran tersebut kaya akan vitamin dan mineral penting.


Untuk kamu yang tertarik mengonsumsi, berikut beberapa ide resep selada hijau:

  • Kaldu Ayam yang Dibubuhi Selada Hijau

Selada hijau dapat ditambahkan ke aneka macam olahan sop, salah satunya kaldu ayam. Untuk menambah cita rasa dari kaldu, bubuhkan bahan-bahan seperti kacang putih, buncis, sedikit ayam, tomat, kembang kol, wortel, dan sayuran lainnya (sesuai selera).

Tambahkan juga irisan daun selada hijau di akhir masakan. Setelah itu bumbui dengan sedikit bawang putih, tarragon, atau sejumput cabai rawit sebagai topingnya.

  • Jus Buah Selada Hijau

Ini adalah ide minuman sederhana yang lezat dan bergizi. Campurkan selada hijau dengan buah-buahan yang kamu inginkan (bisa berupa semangka, buah naga, nanas atau lainnya). Blender hingga menjadi halus. Voila! Jus sudah bisa dihidangkan!

  • Salad Selada Asia Hazelnut

Menggunakan selada kering, hidangan ini kaya akan protein dan rendah karbohidrat. Selain untuk konsumsi pribadi, bisa juga disajikan sebagai menu berkelas untuk suatu acara.

Campurkan dan potong-potong selada, timun jepang, tomat, paprika, anggur merah, brokoli (direbus dahulu), serta kacang hazelnut.

Lalu, campurkan lagi dengan madu (2 sdm), moster (1 sdm), lada (1/2 sdm), garam (1/2 sdm), cuka apel (sesuai selera), serta minyak zaitun. Aduk hingga rata, dan salad selada asia hazelnut -mu sudah siap disantap.  


***


Demikian artikel tentang Manfaat Selada Hijau, semoga bermanfaat!


Next Post
Article,Hidroponik,Selada